Saturday, April 6, 2013

Sedikit tentang SEO... (1)

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization.
Singkatnya SEO adalah suatu cara untuk mengoptimalkan situs/blog/website kita di mesin pencari.
Bisa juga jika menulis artikel di suatu sebsite menulis online misalnya Shvoong, Expertcolumn, Triond, Bubblews, Iwrite dan lain sebagainya yang penulis akan dibayar per kunjungan (dibayar jika ada pengunjung yang membaca artikel) dengan menempatkan url ( uniform resource locator) di mesin pencari.

Jika masih bingung saya akan memberikan contoh sederhana sebagai berikut  :

- Buka Google
- Ketik kata "Logging Story"
- Maka akan terlihat di layar monitor anda.... sebagai berikut  :

Klik untuk memperbesar...











Akan terlihat bahwa blog saya yang mempunyai judul "Loggingstory.blogspot.com" akan berada di urutan paling atas dari 55.800.00 result (hasil) yang diperoleh mesin pencari.

Selanjutnya buka mesin pencari yang lain, misalnya Yahoo dan ketik kata "Logging Story"..
Maka akan terlihat juga bahwa blog saya dengan judul yang sama akan muncul di urutan teratas dari 26.700.000 result (hasil) dari mesin Yahoo.

Klik gambar untuk memperbesar...











Saya tidak bermaksud mempromosikan blog saya diatas he he he, sebab di beberapa mesin pencari yang lain seperti Bing juga akan terlihat hasil yang sama.
Karena tujuan saya menulis dan upload gambar di blog ini adalah berbagi sedikit pengetahuan saya tentang SEO juga meminta saran jika ada dari pembaca yang mempunyai ilmu lebih dari SEO.

Sekarang bisa sobat bayangkan, jika sobat ingin membuat toko online dan situs, blog atau website anda berada di urutan teratas di mesin pencari atau setidaknya di urutan 1-5 dari search engine.

Yang secara psikologis calon pembeli setidaknya akan berkunjung ke toko online milik sobat, karena berada di urutan atas atau sedikitnya masuk di urutan 1-5 jika pengunjung akan membandingkan harga, kualitas dan isi toko online milik sobat. Maka bisa hampir dipastikan omzet akan meningkat.

Ada satu istilah terkenal di kalangan pemasar online atau biasa disebut di dunia maya adalah Online Marketer.

"No Traffic, No Selling....
 No Selling, No Money.... "

Maksudnya jika tidak ada pengunjung di toko online milik sobat, maka tidak akan ada penjualan dan jika tidak ada penjualan maka tidak ada uang yang mengalir masuk ke rekening anda.

Itulah gunanya SEO yang sampai saat ini masih di agungkan di dunia Online Marketing, akan tetapi SEO sendiri adalah sesuatu hal yang terus berevolusi sesuai permintaan pasar, bisa juga pasar yang diciptakan agar produk tersebut menjadi booming... hal ini berlaku juga di dunia nyata (Offline).
Sobat semua mungkin masih ingat beberapa waktu yang lalu ada sebuah nama tanaman "Gelombang Cinta" yang pada waktu booming bisa berharga puluhan bahkan ratusan juta untuk satu pot, atau ikan Louhan dan lainnya.... Itulah kekuatan media dalam menciptakan pasar.

Lalu akan timbul pertanyaan, "Bagaimana caranya agar toko online saya bisa berada di urutan teratas dari mesin pencari ?"
Jawaban dari saya, "Mari kita belajar, berdiskusi dan saling berbagi... karena saat ini saya sendiri juga masih belajar tentang SEO." he he he ...

Satu hal yang saya percaya ... hal ini saya intisarikan dari satu jawaban yang saya suka dari pakar online marketer yang saya lupa namanya, begini intinya  "Content is the King". 
Bisa berarti isi dari suatu website, situs atau blog yang berkualitas akan membuat banyak pengunjung (Traffic) yang datang ke blog atau toko online milik sobat.

Akan saya mulai beberkan pengetahuan semua yang saya ketahui tentang SEO... sebelumnya harap jangan tertawa terlalu kencang jika ada yang salah tentang SEO yang saya ketahui he he he
Maklum Otodidak dan hanya bermodal modem yang berlangganan unlimited sebulan cuman 50 ribu, bisa anda bayangkan gimana lemotnya... ha ha ha

Bersambung .....

2 comments:

  1. bagaimana bisa bicara tentang SEO jika alexa rank blog ini saja sangat rendah. maaf

    ReplyDelete

Thank's, Comment nya...